Merpati Putih merupakan beladiri yang lebih mementingkan tangan kosong/tanpa sennjata. Bagian-bagian tubuh manusia dapat digunakan sebagai senjata yang tak kalah ampuhnya dengan senjata sesungguhnya. Walaupun begitu pada anggota Merpati Putih secara ekstra kurikuler (bukan kurikulum latihan) diperkenalkan senjata, sifat dan karakteristik senjata, cara menghadapi dan sebagainya. Agar dapat memahami dan menghadapi musuh yang bersenjata.

Latihan di Merpati Putih, meliputi :

  1. Tata Gerak.

Terdiri dari gerak dasar, gerak praktis, gerak terikat, gerak berpasangan, tangkap kunci, dsb.

  1. Tata Nafas.

Didalam latihan Merpati Putih juga dilatih tata nafas terdiri dari 14 bentuk pengolahan dan 4 bentuk nafas pembinaaan. Tujuan dari latihan ini untuk melatih tenaga murni yang ada didalam setiap tubuh manusia untuk dapat ditingkatkan dan dipergunakan / diaplikasikan seperlunya, sehingga digharapkan kemampuan / kekuatan anggota Merpati Putih melebihi kekuatan manusia normal. Hal ini dapat dibuktikan pada aplikasi pematahan benda-benda keras seperti beton cor, stang pompa dragon, es, batu kali, dsb. Dapat dijelaskan bahwa latihan nafas di Merpati putih yaitu mengolah ATP (Adenosin Tri Phosphat) menjadi ADP (Adenosin Di Phosphat) + Energi yang bersifat eksplosif, jadi betul-betul mengolah energi tubuh dengan tanpa isian tenaga dalam , tanpa magic / mantra / dupa, dsb sehingga bebas dari hal-hal yang bersifat syirik. Dan latihan Merpati Putih harap dibedakan dengan latihan tenaga dalam pada umumnya karena dalam Merpati Putih tidak dikenal tenaga dalam tetapi tenaga murni.

  1. Tata Perkelahian Bebas / Fight.

Mengacu pada aturan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dimana Merpati Putih tergabung didalamnya. Latihan meliputi teknik-teknik perkelahian bebas dengan bentuk serangan tangan, kaki, jatuhan / bantingan, serang-bela dan pola langkah dengan kaidah-kaidah pencak silat.

 

Suka tulisan ini?

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>