“Garang.. Katanya”

10363956_738290782858916_1497743072754023735_n

Merpati putih, mungkin kata yang tak asing ditelinga masyarakat Indonesia , khususnya dimata pecinta bela diri tangan kosong. Yaps, merpati putih adalah salah satu bela diri asli indonesia, produk lokal yang patut kita banggakan bro. Gimana tidak, bela diri yang merupakan cabang dari pencak silat ini sudah terkenal di seantero negri bahkan di dunia internasional pun mulai diperhitungkan, tak kalah deh sama taekwondo ataupun Jujutsu yang pada  dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan “Yawara-gi” atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara “menipu” lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri. Kalo itu kelebihan Jujutsu. Well, Merpati Putih adalah penemuan unik dimana pada latihan kami tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, tetapi juga olah nafas.

Merpati Putih bukan cuma dipelajari oleh orang Indonesia, tapi juga orang-orang asing yang berminat mendalami beladiri tangan kosong asli Indonesia ini. Pengen bukti? Coba deh temen-temen kalau senin dan kamis jam 7 malam dateng ke Gelanggang Mahasiswa UGM,  disitu pasti kalian akan nemuin pendekar-pendekar garang, eits gak semuanya garang hloo, banyak kok pendekar-pendekar yang cantik,,hehe 😀 nah diantara temen-temen yang sedang latihan, terdapat 4 bule yang sedang mendalami bela diri ini. Yang 2 dari Prancis yang 2 lagi berasal dari Jerman. Kata mereka Merpati Putih itu keren,  gerakannya itu kaya orang lagi berantem tapi sambil menari, nah loh bayangin sendiri gimana indahnya gerakan fightnya 😀

Tapi gak semuanya Merpati Putih Kolat UGM itu kegiatannya tendang-tendangan, pukul-pukulan ataupun patah-patahan (hehe :D) terkadang sekali waktu kita ngadain acara seru-seruan kaya naik gunung, jalan-jalan ke Dieng, upgrading dan yang terbaru si Futsal antar kolat se-Sleman. Tujuan utamanya sih untuk menguatkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki antar sesama anggota Merpati Putih, khususnya kolat UGM.  Bagi jomblo kegiatan semacam itu si kalo bisa dirutinin, biar ada kerjaan deh kalo sabtu malam, hehe Ingat, jomblo ngga punya malem minggu, punyanya sabtu malam (Fauzan, 2014) 😀

10313946_738295619525099_3295218176775424267_n

Untuk acara futsal antar kolat se-Sleman, kegiatannya dilaksanakan hari Minggu, 11 Mei 2014. Di turnamen ini Merpati Putih kolat UGM bertekad untuk melanjutkan tradisi juara, karena suda 2 periode piala bergilir ini mampir ke “tetangga sebelah”. Untuk komposi pemain, dapat dikatakan komplit. Mulai dari penyerang, bek hingga kiper secara individual teknik permainannya cukup menjaanjikan, hanya saja kerja sama tim dan kondisi fisik yang mulai lelah membuat Merpati Putih kolat UGM gagal merebut piala bergilir itu dari tangan Merpati Putih kolat UII. Tak apalah, hasil tak akan mengingkari usaha, walaupun belum berhasil merebut juara 1, juara 3 setidaknya cukup mengobati rasa kecewa supporter dan pemain 😀 walau sempet latihan bersama, tapi komposisi pemain yang berbeda saat latihan dan tanding dilapangan mempuat sedikit miss komunikasi dan kurangnya koordinasi antar pemain. Tapi kerja keras dan semangat Merpati Putih kolat UGM bisa diacungi jempol. Juara futsalnya memang bukan kami, tapi untuk masalah semangat Merpati Putih kolat UGM adalah pemenangnya.

Dibalik semua itu turnamen futsal seperti ini, cukup efektif untuk mempererat tali persaudaraan antar Kolat Merpati Putih se-Sleman. Ya setidaknya bagi anggota baru, kegiatan seperti ini bisa sebagai ajang kenalan antar anggota Merpati Putih yang lain, seperti dari MAN, UII, Pogung dll. Bagi anggota lama, siapa tau melalui ajang ini bisa ketemu jodoh yang diidam-idamkan.. hehe 😀 di turnamen ini juga terlihat sisi lain dari seorang pesilat, kegarangannya ketika bertanding mengenakan seragam kebanggaan seolah luntur ketika berada diatas lapangan rumput sintetis 25×15 m. Keluwesan ketika memperagakan jurus MP berbanding terbalik ketika menghadapi bola, terlihat kekakuan yang diiringi dengan gelak tawa lepas penonton. Yaps semua peserta dan penonton futsal tertawa lepas dan terlihat senang ketika melihat tingkah laku ataupun teknik bermain yang lucu dari pemain. Kata “Garang” seolah hanya “katanya” jika melihat ekspersi dan tingkah laku lucu semua anggota Merpati Putih ketika berada diatas lapangan Futsal.  Semua peserta berbaur dan terlihat rasa kekeluargaan yang hangat antar kolat Merpati Putih se-Sleman.  Itulah lembaran kisah keluarga kecil kami, biarpun kita berbeda Universitas ataupun tingkatan, tapi kita semua adalah satu, yaitu keluarga.

 10255937_734509133237081_3791721009376963396_n

Terimakasih, salam seduluran…

[Fatikhul F ‘Azmi]

Suka tulisan ini?

Merpati Putih UGM

MERPATI PUTIH UGM adalah salah satu dari beberapa kolat yang terdapat di cabang Sleman. Sekretariat kami berada di Gelanggang Mahasiswa UGM. Dengan kolat UPN, UII, ATMAJAYA, dan MAN 3, dll, kolat UGM selalu bekerja sama dalam menyelanggarakan berbagai event silat ataupun kegiatan yang lain.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Merpati Putih Kolat UGM