MP UGM dan Himagika Berbagi Ceria Ramadhan di Panti Asuhan

MP @ BINA INSANI pict
MP UGM dan Himagika berbagi ceria Ramadhan di panti asuhan Bina Insani Godean

-Sabtu, 12 Juli 2013- Himpunan Mahasiswa Gizi Kesehatan (HIMAGIKA) UGM bekerjasama dengan UKM MP UGM, berkesempatan untuk mengunjungi anak-anak yatim piatu secara lebih dekat. Diantara mereka beberapa berstatus yatim, piatu, atau keduanya sekaligus. Bahkan ada yang masih mempunyai kedua orangtua, namun karena tertangkap saat ketahuan mengemis di perempatan lampu merah, membuat anak kelas 3 SD kala itu bergabung di Panti Asuhan Bina Insani, Godean, Yogyakarta. Tentu bahagia perasaan anak kelas 3 SD itu karena ia bisa leluasa melanjutkan pendidikannya disini.

Pada momen Ramadhan kali ini, selain bersilaturrahmi, mengadakan beberapa acara, kami juga mengadakan buka bersama. Beruntung sekali rasanya bisa berpartisipasi pada acara yang merupakan program kerja HIMAGIKA yang menggandeng MP UGM ini. Diawali dengan penyuluhan dan pelayanan kesehatan, dilanjutkan demo silat sekaligus shortcourse beladiri praktis dari MP membuat sore ini terasa sangat istimewa . Kompilasi yang menawan, unik, dan menarik.

Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan ini diisi oleh teman-teman dari HIMAGIKA. Pelayanan Kesehatan meliputi pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan. Sedangkan penyuluhannya, anak-anak diajak mengetahui secara sederhana tentang pengolahan bahan pangan yang berada di sekitar mereka. Tentang bagaimana mencuci beras yang benar, juga mengolah sayur dan buah dari mentah sampai matang. Pentingnya adalah mengolah namun tetap mempertahankan kandungan vitamin juga mineral di dalamnya. Selain itu, anak-anak panti tersebut juga diajarkan menjaga kebersihan, terutama kebersihan tangan.

Setelah menerima materi berkaitan dengan kesehatan, anak-anak dengan sejuta senyum itu diajak keluar menuju teras gerbang depan panti. Disini, MP UGM menunjukkan beberapa demo silat, yakni seni ganda, seni tunggal IPSI, shortcourse beladiri praktis, dan diakhiri jurus unik MP “Tangkap Kunci”. Seni ganda pada demo kali ini diperankan dengan apik oleh 2 siswa SMP yang berlatih di kolat UGM. Sandiwara baku hantam yang diperagakan oleh mas Dewa dan mas Bayu sontak mengundang dencak kagum para penonton yang notabene seumuran dengan kedua pemain demo tersebut. Senyum-senyum itu berkembang, anak-anak panti itu nampak terhibur oleh penampilan mereka. Demo berikutnya seni tunggal IPSI diperankan dengan luwes

namun bertenaga. Meski beberapa anak merasa ngeri karena ayunan toya dan tebasan golok menghiasi rangkaian gerak tersebut, namun saut-saut tepuk tangan anak-anak panti tetap menambah riuh suasana sore itu. Kemudian, sesi berlanjut ke shortcourse beladiri praktis oleh dua asisten pelatih MP UGM. Di sesi terakhir ini, asisten pelatih MP UGM berbagi beberapa teknik dalam beladiri praktis, seperti melepaskan tangan dari genggaman lawan, serta tangkap kunci MP. Antusias anak-anak itu tergambar dengan pertanyaan yang muncul dari mulut mereka. “Bagaimana jika di ginikan, jika digitukan?” Dengan jelas pertanyaan-pertanyaan mereka dijawab dan diperagakan oleh asisten pelatih MP UGM.

Tanpa terasa, adzan maghrib perlahan berkumandang. Dengan cekatan, kakak-kakak HIMAGIKA menyiapkan dan membagi rata hidangan yang telah mereka persiapkan. Rasanya nikmat sekali buka puasa sore itu. Pengalaman dan perkenalan dengan anak-anak ini membuat mata kami lebih terbuka. Bahwa ternyata masih banyak orang-orang di sekitar kita yang kurang beruntung nasibnya. Mereka berusaha lebih keras dalam berjuang melawan hidup. Bahkan di usia yang jauh lebih muda dari kita. Rasanya belum saatnya masa bahagia mereka di renggut dengan mengamen di jalan dan mengejar setoran. Rasa syukur memenuhi pikiran. Semoga saat-saat berbagi seperti ini tak hanya sekali saja. [Ihtar Faiq Muasida/ Merpati Putih UGM]

Suka tulisan ini?

Merpati Putih UGM

MERPATI PUTIH UGM adalah salah satu dari beberapa kolat yang terdapat di cabang Sleman. Sekretariat kami berada di Gelanggang Mahasiswa UGM. Dengan kolat UPN, UII, ATMAJAYA, dan MAN 3, dll, kolat UGM selalu bekerja sama dalam menyelanggarakan berbagai event silat ataupun kegiatan yang lain.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “MP UGM dan Himagika Berbagi Ceria Ramadhan di Panti Asuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Merpati Putih Kolat UGM