Sepenggal Kisah UKT Periode Oktober 2013

UKT MP Sleman Periode Oktober 2013Dalam segala aspek kehidupan, pasti ada yang satu titik yang dinamakan “Ujian”. Ujian ini ada bertujuan untuk mengetahui seberapa kekuatan dan pemahaman kita terhadap hal yang diujikan. Begitu pula dengan latihan dalam Merpati Putih. Untuk mengetahui seberapa kemampuan dan hasil latihan kita, maka diadakanlah sebuah ujian yang disebut dengan “Ujian Kenaikan Tingkat (UKT)”. UKT juga bertujuan untuk mengetahui apakah kita cukup layak naik ke tingkatan selanjutnya. Tentu hal ini bukan perkara gampang. Butuh latihan sungguh-sungguh dan menjalani dengan senang hati agar kita mendapatkan hasil terbaik.

UKT MP Cabang Sleman periode ini diadakan pada 12-13 Oktober 2013 di MAN Tempel. Di sekolah berbasis Islam yang berlokasi di perbatasan Jogja-Jawa Tengah ini pula, kami selama 2 hari akan diuji, tanpa bergantung kepada orang lain. Harus optimis dan yakin pada kemampuan diri sendiri adalah modal utama. Dengan itu semua, para pesilat MP UGM dengan gagah berani dan semangat ‘45 siap menghadapi UKT !

Nah, UKTnya meliputi apa aja ?? Sudah pasti gerak, stamina, dan power. Oh ya, ada ujian tulisnya juga  lho. Di kolatmu pasti ada juga kan ? hehe. Ujian tulis ini bukan berisi soal fisika atau matematika kok, namun meliputi pengetahuan ke-MP-an yang seharusnya diketahui di tingkatan masing-masing.  Biar kita tetep tahu teori dan aplikasi dari tiap aspek di MP. Berikutnya adalah ujian gerak. Dari namanya pun sudah jelas, bahwa ujian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan penguasaan tata gerak dalam MP. Baik gerak langkah, serangan, tangkap kunci, tangkisan sampai Rangkaian Gerak Terikat (RGT), semua diujikan disini nih. Untuk Tingkat Balik 2 yang diuji ke Tingkat Kombinasi 1, dapet paket bonus ujian tambahan pula, yakni ujian getaran dan ujian Gerak Seni Tunggal IPSI khusus tangan kosong. Nah, sesudah itu para peserta diberi kesempatan istirahat untuk mempersiapkan diri di ujian stamina dan power yang diadakan keesokan harinya.

Ahad esok harinya, sekitar pukul 05.30 peserta UKT telah pemanasan guna mempersiapkan uji stamina. Gimana nih ujiannya ? Eng..ing..eng.. yakni lari +10 km untuk tingkat Dasar 1-Balik 1. Untuk peserta UKT  Tingkat Balik 2 alias calon asisten pelatih tentu perlu porsi stamina berbeda donk. Rute lari mereka ditambah, sehingga menjadi 17 km ! Walaupun terkesan jauh dan berat, ketika kita yang melakukannya, kebersamaan dan kekeluargaan yang ada di MP akan meleburkan jarak tersebut. Toh, sebelum ujian sudah disiapkan juga fisiknya secara bertahap. Jadi nggak perlu takut yaa :). Setelah stamina, ada ujian power yang menjadi ciri khas Merpati Putih. Cara menguji power ini dengan pematahan benda keras. Tiap tingkatan memiliki standar yang berbeda-beda, memiliki sasaran dan beban yang tidak sama.

Begitulah cerita UKT di Sleman kemarin, semoga bisa memberikan gambaran dan manfaat untuk teman-teman semua. Bagaimana cerita UKT di tempatmu? 😀 [Pipit Nur Rahma]

Suka tulisan ini?

Merpati Putih UGM

MERPATI PUTIH UGM adalah salah satu dari beberapa kolat yang terdapat di cabang Sleman. Sekretariat kami berada di Gelanggang Mahasiswa UGM. Dengan kolat UPN, UII, ATMAJAYA, dan MAN 3, dll, kolat UGM selalu bekerja sama dalam menyelanggarakan berbagai event silat ataupun kegiatan yang lain.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Sepenggal Kisah UKT Periode Oktober 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Merpati Putih Kolat UGM