Home » Posts tagged 'MP Sleman'

Tag Archives: MP Sleman

Pembajaan MP Sleman Periode II Tahun 2016

Setelah mengikuti UKT, anggota MP yang dinyatakan lulus diwajibkan mengikuti pembajaan agar bisa naik ke tingkatan selanjutnya. Pada periode kedua di tahun 2016 ini, pembajaan telah dilaksanakan kemarin Sabtu-Minggu tanggal 7-8 Oktober 2016 bertempat di Padepokan Merpati Putih di Parangkusumo.

“Garang.. Katanya”

10363956_738290782858916_1497743072754023735_n

Merpati putih, mungkin kata yang tak asing ditelinga masyarakat Indonesia , khususnya dimata pecinta bela diri tangan kosong. Yaps, merpati putih adalah salah satu bela diri asli indonesia, produk lokal yang patut kita banggakan bro. Gimana tidak, bela diri yang merupakan cabang dari pencak silat ini sudah terkenal di seantero negri bahkan di dunia internasional pun mulai diperhitungkan, tak kalah deh sama taekwondo ataupun Jujutsu yang pada  dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan “Yawara-gi” atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara “menipu” lawan agar daya serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri. Kalo itu kelebihan Jujutsu. Well, Merpati Putih adalah penemuan unik dimana pada latihan kami tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, tetapi juga olah nafas. read more

Kesan Pesan di Merpati Putih Kolat UGM

1484332_193439780848475_619747794_n

Haloo 😀 Namaku Arina Hasanah. Beberapa minggu yang lalu aku naik ke tingkat Dasar 2. Meski terhitung baru di Merpati Putih, sudah banyak hal yang bisa aku dapat dari perguruan ini. Tidak hanya ilmu beladiri silat saja, tapi juga persahabatan, pribadi yang lebih baik, dan pemahaman tentang hidup di dunia ini.

Aku ikut Merpati Putih Kolat UGM sejak bulan Oktober 2013. Saat itu Universitas Gadjah Mada sedang Gelex alias Gelanggang Expo yang mewadahi berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas ini, untuk merekrut anggota baru. Setelah membeli formulir pendaftaran, aku ikut latihan perdana hari Kamis. read more

Time Line Kegiatan Merpati Putih Cabang Sleman

10295302_10202028793349873_7791541918354434602_o

1902069_10202028817710482_5088745354844790876_n

Jalan-jalan ke Museum De Mata :D

UP4

Kata orang, ada trick eye museum di Jogja, katanya. Nah, kami (baca: temen-temen MP) nyobain main kesana. Siapa tau “kata orang”nya itu cuma boong. Siapa tau ternyata cuma museum biasa pake wallpaper di dinding. Siapa tau sepi banget pengunjungnya. Siapa tau emang mahal biaya masuknya. Hahaha 😀 Ternyata emang iya bener semuanya. Tapi eits, baca dulu. Jangan terlalu cepat menyimpulkan.

Hari Minggu, tanggal 13 April 2104.

Nah, rencananya, kami berangkat pukul 9 pagi. Tapi karena beberapa alasan: Sang Pawang (yang ngajak main) belum datang, dan pertandingan basket di hall gelanggang seru banget (yang main cakep-cakep), maka dari itu molor sampe jam 11. Seperti biasa, jam-jam segitu adalah jam-jam matahari mulai terasa panas. Tapi panasnya hari itu tidak menyurutkan semangat kami buat pergi maen. Jadilah kami pergi beramai-ramai. Nggak cuma kolat UGM loh yang pergi maen, tapi sama temen-temen dari kolat UII juga. read more

Sepenggal kisah dari Pembajaan MP Cabang Sleman

Pembajaan

Siang yang terik ini, tak menghambat langkah kaki para peserta UKT tingkat Balik II yang naik tingkat menjadi tingkat Kombinasi I untuk berangkat menuju Siluk. Yah, walaupun aku tak tau dimana letak Siluk itu, karena aku pun baru menginjakkan kaki untuk menuju tingkat lebih tinggi Balik II. Hehe…

Deru kendaraan bermotor mengiringi perjalanan kami menuju Padepokan Merpati Putih di Parang Kusumo,Kretek,Bantul. Sesampainya di tempat tujuan, kami mengawali kegiatan dengan upacara pembukaan, lalu tabur bunga di Kali Opak dan melintasi Gunung Botak. Tabur bunga di Kali Opak mengingatkan kami betapa heroik mas-mas yang telah mendahului kami, terbesit dalam benak ini rasa sedih dan bangga, entah apa yang akan ku perbuat jika aku berada pada masa itu. read more

Ujian Kenaikan Tingkat di Gelanggang Mahasiswa UGM

UKT

Dalam kehidupan pasti ada tujuan untuk sesuatu, proses untuk mendapatkan sesuatu dan hasil yang didapat dari tujuan. Proses ini lah yang membutuhkan waktu tidak instan harus melalui tahap-tahapan. Disinilah arti kehidupan sebenarnya untuk melakukan sesuatu harus ada tujuan yang baik begitupula tujuan mengikuti UKM Pencak Silat MERPATI PUTIH dengan tujuan agar bisa membela diri. Dengan tujuan dari diri sendirilah dan proses yang dilewati panjang dan disinilah titik terakhir sebelum mendapat hasil sempurna semua harus melewati uji dan disinilah ujian dalam latihan merpati putih untuk mengetahui seberapa besar hasil yang dihasilkan dari proses latihan yang telah dilewati maka di Merpati Putih diadakan UKT (Ujian Kenaikan Tingkat)  yang bertujuan dari hasil latihan pantaskah naik ke tingkat selanjutnya. UKT tidak lah mudah, harus serius dan bersunguh-sunguh agar mendapat hasil yang maksimal. read more

Sepenggal Kisah UKT Periode Oktober 2013

UKT MP Sleman Periode Oktober 2013Dalam segala aspek kehidupan, pasti ada yang satu titik yang dinamakan “Ujian”. Ujian ini ada bertujuan untuk mengetahui seberapa kekuatan dan pemahaman kita terhadap hal yang diujikan. Begitu pula dengan latihan dalam Merpati Putih. Untuk mengetahui seberapa kemampuan dan hasil latihan kita, maka diadakanlah sebuah ujian yang disebut dengan “Ujian Kenaikan Tingkat (UKT)”. UKT juga bertujuan untuk mengetahui apakah kita cukup layak naik ke tingkatan selanjutnya. Tentu hal ini bukan perkara gampang. Butuh latihan sungguh-sungguh dan menjalani dengan senang hati agar kita mendapatkan hasil terbaik. read more

KEJURLAT MP SLEMAN JUNI 2013

kejurlat mp sleman juni 2013

MANTAP. Nampaknya hanya kata itulah yang mampu menggambarkan penyelenggaraan Kejurlat kemarin. Sorak sorai penonton riuh membahana memenuhi Hall Gelanggang UGM dari pagi hingga hampir tengah malam pada hari itu, Sabtu 8 Juni 2013. Perlu diketahui, kejuaraan antar kolat (Kejurlat) merupakan event rutin tiap 6 bulan sekali yang merupakan kerjasama antara Merpati Putih Cabang Sleman dengan kolat penyelenggara. Kali ini, UGM sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya mampu dengan sukses menyelenggarakan pesta olahraga untuk pesilat merpati putih di Sleman ini. read more

HUT EMAS PPS Betako MERPATI PUTIH

MP UGM Tuan Rumah Perayaan HUT Emas Merpati Putih di Cabang Sleman

HUT_Merpati_putih_pict
HUT 50 MP @UGM

Bagi Perguruan Pencak Silat Betako Merpati Putih, tahun 2013 merupakan tahun yang amat istimewa. Karena tepatnya pada 2 April 2013 lalu, perguruan yang lahir di Jogja ini telah memasuki usia yang ke 50 tahun.  Jika dipandang dari usia manusia, 50 tahun tentunya merupakan tanda kita telah memasuki usia senja. Namun bagi sebuah perguruan pencak silat, usia tersebut masih tergolong  muda. Banyak pengalaman yang telah ditulis dalam berjalannnya perguruan ini selama 50 tahun. Pengalaman baik nantinya akan menjadi motivasi agar kita semakin maju, sedangkan pengalaman yang kurang baik nantinya akan menjadi koreksi dan pelajaran dalam tiap langkah Merpati Putih ke depannya. read more