Ujian Kenaikan Tingkat Periode Maret 2018

UJIAN KENAIKAN TINGKAT MERPATI PUTIH CABANG SLEMAN – PERIODE MARET 2018

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Merpati Putih Cabang Sleman kembali dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 17 – 18 Maret 2018. UKT kali ini mengambil tempat di STTA Yogyakarta. Diikuti oleh 70 peserta, keseluruhan acara UKT berlangsung dari Sabtu sore hingga Minggu siang.

Acara diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta, panitia, pelatih dan asisten pelatih, serta pengurus cabang. Kemudian dilanjutkan dengan ujian tulis untuk seluruh peserta. Ujian tulis berlangsung selama 60 menit, dengan beban soal sesuai tingkatan.

                Selesai ujian tulis, kemudian diberikan waktu untuk Istirahat dan Shalat. Waktu istirahat diberikan hingga pukul 19.30.

Setelah itu, peserta melakukan pemanasan. Pukul 20.00, Ujian Gerak dimulai. Diawali dengan tingkatan Dasar I, kemudian dilanjutkan oleh tingkatan Dasar II dan Balik I. Pada Ujian Gerak ini, yang diujikan adalah seluruh gerakan yang telah dipelajari pada tingkatannya. Mulai dari Gerak Dasar, RGP, RGT, Gerak Berpasangan, dll. Ujian Gerak dilakukan dengan mata tertutup.

                Ujian Gerak berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari. Selesai Ujian Gerak, peserta dipersilahkan untuk makan dan istirahat.

                Pagi hari setelah shalat dan bersih-bersih, peserta dikumpulkan untuk makan bersama. Menunya adalah bubur kacang ijo dan telur rebus. Selesai makan, peserta melakukan pemanasan. Pukul 06.00, Ujian Lari dimulai. Rutenya adalah dari STTA, melewati jl. Wonosari, memutari Berbah, dan kembali lagi ke STTA. Rute tersebut sejauh 10 Km.

                Setelah sampai di garis finish, peserta langsung menuju lokasi Ujian Power. Setelah mengatur nafas dan melemaskan kaki, peserta melakukan nafas pengolahan untuk persiapan pematahan.

                Ujian Power (pematahan) dilakukan sesuai tingkatan. Setiap tingkatan, teknik dan sasarannya berbeda-beda. Setiap peserta diberi 4 kali kesempatan. Pada Ujian Power, peserta mengaplikasikan hasil dari latihan olah nafas selama latihan, serta teknik yg digunakan.

                Ujian Power berakhir pada pukul 11.00. Dengan berakhirnya Ujian Power ini, berarti berakhirnya pula keseluruhan Ujian Kenaikan Tingkat. Selesai itu, peserta diarahkan menuju lapangan untuk melaksanakan upacara penutupan. Selesai acara penutupan, berarti selesai pula kesuluruhan rangkaian acara UKT tersebut.

Suka tulisan ini?

Merpati Putih UGM

MERPATI PUTIH UGM adalah salah satu dari beberapa kolat yang terdapat di cabang Sleman. Sekretariat kami berada di Gelanggang Mahasiswa UGM. Dengan kolat UPN, UII, ATMAJAYA, dan MAN 3, dll, kolat UGM selalu bekerja sama dalam menyelanggarakan berbagai event silat ataupun kegiatan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Merpati Putih Kolat UGM